Home > artikel, news, picture > Hot Issue about Super Junior vs SM Entertainment !!

Hot Issue about Super Junior vs SM Entertainment !!

24 December 2009 Leave a comment Go to comments

Halohaaa ^^
Aku mau ngomongin issu-nya SUJU siang ini. Mungkin kalian udah tau tentang isu ini, tapi boleh lah~ ku share disini. Kemarin, pas adekku buka fb, aku ngeliat ada message dari salah satu grup fb yang dimana adikku menajdi anggota didalamnya. Karena aku penasaran, aku dan adekku pun membaca isi message itu. Bukan cuma baca dari message aja, tapi aku juga mencari artikel yang berhubungan sama issu ini di Sookyeong. Dan, voilaa~ aku menemukannya. Mari kita diskusikan hal ini bersama, readers KH.

Image and video hosting by TinyPic


Mungkin kamu, Elf, atau yang bukan Elf udah tau masalah gugatan yang diajukan oleh Hangeng pada SM entertainment. Tapi ternyata bukan cuma Hangeng yang mengajukan gugatan, tapi ada Lee Teuk, Yesung, Kangin, Eun Hyuk, dan DongHae. Omoooooo~>o< kalo gag ada Lee Teuk, siapa yang bakal jadi leader suju coba? Hhh…~

Menurut berita yang kudenger, Hangeng mengajukan gugatan karena kontraknya baru berakhir setelah 13 tahun, dan dirasa banyak klausa yang kurang adil. Selain itu juga, Hangeng belum mendapat waktu istirahat dalam dua tahun, hal itu membuatnya lelah dan menyebabkan gastritis kronis, penyakit terkait dengan ginjal, herniasi lumbal, dan Hangeng juga terlihat menurun kekuatan tubuhnya. Namun, pihak SM entertainment menolak permintaan untuk istirahat dan meneruskan jadwal Hangeng. OMG!~

Menurut isi gugatan, sejak masa debutnya, Hangeng tak memiliki satu haripun untuk beristirahat per pekan. Selama dua tahun Hangeng trus bekerja sesuai jadwal. Dalam kontraknya dengan SM, ada klausul yang menyatakan kalo dia harus bayar ganti rugi perusahaan kalo dia ngga bisa memenuhi jadwal yang sudah diatur untuknya. Jadi, kalo HanGeng dalam keadaan kurang sehat, dia nggak punya pilihan lain selain menjalani jadwal yang ditentukan.

Aku dapet update-an dari minihompinya Hangeng yang sudah ditranslate ke bahasa Indonesia, terimakasih banyak untuk Starjunior@wordpress karena sudah mentranslate ^^ dan terimakasih juga untuk grup YESUNG LOVERS@facebook ^^

。。。。。。
2009-12-21 22:11

Aku baik – baik saja sekarang… ,Aku tahu ada kalian semua disisiku…
—————————————我爱你们~~~

Dan lagi, menurut berita yang kubaca, Hangeng meminta agar kasus kontrak eksklusifnya selama 13 tahun diselesaikan sesegera mungkin. Melalui pengacara Hangeng lewat telpon, Kim Jin Wook, Hangeng ingin mengakhiri kontrak kerjanya dengan SM, tapi belum diketahui apakah Hangeng masih akan melanjutkan aktifitasnya bersama SUJU atau tidak. Dan ternyata, dalam berbagai kasus seorang artis masih tetap dapat beraktifitas bersama meski berada dalam manajemen yang berbeda. Tapi tentu aja, hal itu sesuai dengan keputusan masing masing pihak manajemen.

Dan aku juga dapet Enam gugatan Hangeng untuk pihak SM entertainment yang akan diperkarakan dimeja hijau.

Kontrak dibuat bedasarakan Superioritas

Hangeng Pertama kali menandatangani kontrak pada usia 18 tahun, tepatnya tahun 2003 silam. Dan kabarnya kontrak ini ditandatangani secara sepihak oleh SM, Hangeng yang saat itu masih dibawah umur sama sekali tidak mengetahui isi kontrak tersebut.

Jangka Waktu Kontrak Eksklusif

Kontrak ekslusif periode pertama dimulai sejak tahun 2005, saat album twins 05 rilis. Hangeng dikontrak secara eskslusif selama 10 tahun. Dan kontrak tersebut diperbaharui pada February 2007 dan yang kedua diubah lagi pada December 2007. Di kontrak pada bulan Desember inilah, kontraknya diperpanjang selama 3 tahun. So, total lamanya kontrak Hangeng ialah 13 tahun terhitung sejak 2005, dan baru berakhir pada Desember 2018 saat usianya sudah 35 tahun. Alasan kesehatan menjadi pertimbangan mengapa Hangeng tidak ingin kontrak kerjanya baru berakhir di usia 35 tahun. Sepertinya Hangeng sendiri tidak ingin terus – terusan diperbudak jadwal kerja tanpa istirahat seperti yang sekarang dilakukannya.

Andaikan kesepakatan gagal ditempuh, dan Hangeng tetap akan mengakhiri meski harus membayar membayar total kerugian hingga 3 x lipat. Dengan ini, maka baik pihak SM maupun Hangeng sendiri akan sama – sama menderita.

Tidak adanya Hak dan Kewajiban yang Jelas dalam Kontrak.

Hangeng mengatakan inilah yang menjadi beban karena dirinya tidak bisa menyuarakan hak-nya dalam setiap kegiatan dan aktifitas. Hangeng diminta mengikuti instruksi tanpa syarat lagi, dan ia menginginkan adanya penyesuaian hubungan kerja yang lebih baik.

System Denda

SM menerapkan system denda apabila artis tersebut terlamabat datang ke pelatihan, absen, dsb. Denda pelanggaran pertama sebesar 10.000 won ( 100.000 ), denda kedua 20.000 won, dan seterusnya. Jika ia tidak mendapatkan panggilan telepon selama 1 hari, SM punya hak untuk mengakhiri / membatalkan kontrak. Kemudian melanjutkan tentang kompensasi jika ada penghentian kontraknya dari 5 – 15 juta won.

Jadwal Kerja

Kinerja yang dibuat oleh manajer (yang dipilih oleh sm) yang harus dilakukan tak peduli apapun itu. Hangeng cukup mengalami tekanan psikologis dalam hal ini.

Profit

Selama kontrak berjalan, SM mengklaim semua komposisi music, gubahan lagu, dll. Bahkan musik yang ditulis oleh Hangeng tidak boleh digunakan tanpa seizin SM. 2% dari hasil penjualan baru bisa mereka terima apabila bisa menjual 50.000 ekslempar. Hangeng berharap persentase pembagian hasil ini bisa diperbaiki hingga 10% mengingat Superjunior sendiri terdiri dari 13 anggota yang mengharuskan pembagian juga di-split menjadi 13. Menurutnya SM tidak akan mengalami masalah keuangan yang berarti karena stuktur fondasi keuangan mereka hampir tidak mengandung resiko.

Hmm.. SM Entertainment lagi dirundung banyak masalah tahun ini. Kalo dipikir pikir, apa emang beneran mereka memperlakukan artis artis mereka kayak mesin?? Masa sih, ada yang sampe segitunya. Aku sendiri nggak habis pikir. Kalo soal denda karena artisnya telat latihan atau absen, mungkin masih bisa ditolerir jika tujuannya adalah untuk mendisiplinkan si artis. Tapi kalo soal pembagian uang, yang hanya 2% [itupun kalau terjual 50.000 eksemplar], menurutku itu udah sangat nggak adil. Nggak heran kenapa Jaejoong Yoochun dan Junsu juga mengajukan gugatan terhadap SM entertainment.

Tapi, kalo dipikir pake akal sehat, mana ada sih perusahaan yang kayak gitu. Pastinya SM entertainment gag mau rugi dong, nah kalo gitu kan mestinya mereka memperlakukan artis mereka dengan baik dan adil supaya artis mereka merasa nyaman bekerja dalam manajemen perusahaan, dengan begitu artis mereka juga dapat bekerja dengan baik dan menghasilkan uang, yang toh nantinya uang itu akan masuk ke kas perusahaan. Bukan dengan menjadikan artis artis mereka sebagai mesin uang. Bahkan mesin aja butuh istirahat lho~ Hmm… menurut berita terakhir yang kudenger para fans Suju meminta para member dan pihak SM entertainment untuk berdamai, dan merubah isi kontrak. Mereka juga berharap kalo Suju nggak bubar. Ya iyalah~ meskipun aku bukan fans berat Suju, tapi aku juga ga mau kalo mereka bubar. Kalo slogan cassiopeia adalah Always Keep The Faith, mungkin slogan para Elf adalah Always 13elieve in..Hhh… mungkin yang kamu pikirin sekarang sama kayak aku, akankah keceriaan kayak gambar dibawah ini bakal tetep ada atau tidak??~

Image and video hosting by TinyPic

Source : Sookyeong@wordpress + Starjunior@wordpress + YESUNG LOVERS@facebook + sookyung@multiply

Categories: artikel, news, picture Tags:
  1. maiia
    24 December 2009 at 7:36 PM

    pusing ah…
    ama berita kayak gini..
    menurutku lama-lama Kpop bisa mati suri lagi..
    temenku aja yang suka suju n dbsk gara-gara masalah ini males jadinya buat berkpop ria lagi…

  2. dhyta
    24 December 2009 at 8:35 PM

    Kalau kayak gini terus malah bikin yang denger berita bosen

    Terlalu sering masalah kontrak berarti emang harus ada yang diubah

    Tapi buat suju jangan sampe bubar!

  3. nino
    24 December 2009 at 9:30 PM

    gw gamau banget kalo mereka sampe bubar gara-gara keegoisan dan kemarukan perusahaan itu sendiri x( x(

  4. 24 December 2009 at 10:56 PM

    suju saranghae

  5. 25 December 2009 at 12:53 AM

    thx banget buat hikmah yg uda sharing berita ini, dari kmrn2 aq uda nemu berita ini yg update-anya banyak banget, pusing aq pahami, jadi, thx banget uda mentranslate & membuat aq mengerti dgn masalah yg kokoku sedang hadapi bersama SUJU ini T.T
    huwaaaaaaa~
    DBSK, skrng SUJU . . . . . huff . . .
    semoga semua bisa terselesaikan dgn baik dah~ gag ada kata2 lagi T.T

  6. Annisa
    25 December 2009 at 10:39 AM

    Ya ampun koq bnyak bgt sich yg gugat SME jng2 SME emang dah berlaku gak adil lg…..

  7. chiharu
    25 December 2009 at 12:34 PM

    sedihhh ;____; pengen sm town ttp utuh T_T
    cb aja SME mau ngubah sikapnya jd lbih adil lgi…artis2ny pasti ga akan ada yg nuntut2 kaya gini….

  8. 25 December 2009 at 1:56 PM

    walaupun aku bukan fans berat suju & dbsk lagi, tapi aku agak2 gimana gitu sama berita2 kaya gini. seperti nya mereka di perbudak perusahaannya gitu. kasian nya ~.~
    bkn maksud membanding2kan, tapi koq entertainment yg laen ky nya adem ayem aja gt ya soal kontrak? ato belom katauan ajah kali ya *mdh2n sih engga*

  9. Karin
    25 December 2009 at 2:19 PM

    wah, kasian suju.. huuuuhhhhh.. SM sih.. (bukan sooman).

  10. Rizka
    25 December 2009 at 8:32 PM

    SM jahat banget,tidak ber kprimanusiaan,ga adil !

    udah lah suju keluar aja smua dari pada tersiksa dan cari management yg lebih baik,

    dasar SM KEJAM BANGET lah,FUCK.

  11. mantan af snsd
    25 December 2009 at 10:14 PM

    wew -.-;
    hm..

  12. 26 December 2009 at 10:34 AM

    OMonaaaa……………

  13. xiahtic_cassiopeia
    26 December 2009 at 12:04 PM

    Always 13elieve in..
    Always keep the faith..
    tvxq & suju saranghae..

  14. FLO
    26 December 2009 at 5:13 PM

    eh,,tapi kalo gag salah ni kasus yg sama kayak Shinwa kan?
    mereka kluar dr SM coz mrka gag mw kerja sbg artis d bwh perusahaan yg ngutamain duit.. mereka kan jg prnh bersitegang d pengadilan sama kyk triple dbsk tu..
    kayakny uda jd langganan SM kalo sama astis yg besar2.. hmm… tapi.. au ah..

  15. lovesuperjunior
    27 December 2009 at 1:56 PM

    anyeong,,maaf kalo rada gimanaa gitu,,tapi kalao aku pribadi dari dulu jaman nya henry zhoumi aku udah empet aja ama sm.bayangin ga sehari pun istirahat,,kalo hangeng mati emang sm mau tanggung jawab?emang sm bisa ngehidupin hangeng lagi,,enga kan~ enak bgt yah si kim young min dan kim yang satu nya lagi itu makan dari keringet nya tvxq,suju dll yang dia perbudak.gw sebagai elf mendukung tvxq dan suju kalo mereka keluar dari sm,,supaya kehidupan mereka lebih baik.HWAITING..KEEP 13ELIEVE!!!

  16. 27 December 2009 at 3:31 PM

    no comment ah gw xp
    bikin males aja kalo ngomong soal SM.

  17. 27 December 2009 at 3:33 PM

    no comment dah. males ngebahas SM. hehe.. xp

  18. 27 December 2009 at 3:36 PM

    no comment dah.. xp

  19. ta cassiopeia
    3 January 2010 at 12:47 PM

    . hhu .
    kaeana emang para oppa jadi budak deh .
    kasiant mereka .
    T , T
    dibalik nama tenar, mereka kaea kerja rodi .😦

    kecewa banget ama sm !

  20. hikmawari
    3 January 2010 at 4:38 PM

    @ ta : aku udah kecewa sama SM sejak ada kasusnya DBSK ta. emang SM entertainment parah nih. ckckck~

  21. 3 January 2010 at 5:10 PM

    @all : tapi inget, bukan LEE SOO MAN yg jadi dalang yah . . .

  22. hikmawari
    3 January 2010 at 5:27 PM

    @ bri : iya. iya. siapa CEO-nya kan yaa? najong nyebelin emang CEO-nya!

  23. knights
    4 January 2010 at 1:13 AM

    wah, lee soo man tuh guru besar d SM.
    keterlaluan banget yg ngebash dia..

  24. 4 January 2010 at 6:57 AM

    kagak baca beritanya tuapiiii

    ELF 13elieve SUJU PROM15E

  25. hikmawari
    4 January 2010 at 6:38 PM

    @ knights : bukan ngebash LSMnya.. tapi kecewa sama SME nya.. kalo ga salah LSM itu salah satu directornya kan ya? bukan CEO nya. setauku CEO nya itu Kim Young Min. hmm~ tapi kayaknya komenku diatas keterlaluan deh.. ku edit ah~

  26. hikmawari
    4 January 2010 at 6:40 PM

    ckckckck~ udah ku edit ^^

  27. 24 June 2014 at 10:50 AM

    Hi, I would like to subscribe for this blog to get newest updates, therefore where can i do it please help.

  28. Ristu
    2 November 2015 at 10:11 PM

    Masya Allah masa segitunya banget sih cara mmperkerjakan orang.SUJU bukan ROBOT tau,mereka tuh manusia yg punya hati dan pikiran.Coba sekarang dibalik deh kalau misal para petinggi SM yg berada di posisinya SUJU gmana rsanya coba,diperlakukan semena2 kya gtuh.Bener2 KETERLALUAN…..melanggar HAM tuh.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: