Home > artikel, news, picture > More about Chuseok & Hanbok [special bonus]

More about Chuseok & Hanbok [special bonus]

Annyeong semua . . . Belakangan ini kita pada sering denger istilah Chuseok dan Hanbok bukan ? Masih belum familiar dgn 2 istilah tsb ? Yuk aq bahas secara singkat pada postingan kali ini ^^

Chuseok

hangul : 추석
hanja : 秋夕

Chuseok (baca : Chusok) yg berarti hari bulan purnama, merupakan salah satu hari libur resmi di Korea yg dirayakan secara besar-besaran pada bulan ke-8, hari ke-15 dalam kalender lunar. Perayaan ini dimaksud dgn tujuan untuk mengucapkan terima kasih atas keberhasilan panen sehingga kerap kali disebut juga sebagai Hari Panen, Festival Bulan Musim Panen atau Hankawi (han = raya, kawi = tengah , “hari besar di tengah-tengah musim gugur”).

Chuseok telah dirayakan sejak periode awal Kerajaan Silla (57 SM – 935) dalam bentuk perlombaan menenun antara 2 tim. Bagi tim dengan hasil tenunan paling panjang akan dinyatakan sbg pemenang, sedangkan tim yg kalah harus mentraktir tim yg menang dengan makanan yg ditentukan.

Jaman kini, perayaan Chuseok merupakan kesempatan bagi orang Korea yg tinggal di luar kampung untuk pulang ke kampung halaman dengan maksud mengunjungi altar leluhur. Di pagi hari, orang Korea melakukan penghormatan terhadap arwah leluhur mereka sebagai tanda terimakasih dengan berziarah ke makam untuk merapikan tanaman dan tanah sekitar makam. Seperti perayaan beberapa budaya Asia Timur lainnya, arwah leluhur disuguhi makanan, buah-buahan dan minuman, termasuk dengan hasil panen tahun tsb.

Adapaun makanan istimewa saat Chuseok adalah kue Songpyeon (송편) yg berasal dri tepung beras dengan isi kacang atau wijen seperti beberapa foto di bawah ini :

songpyeon

Menurut kalender Gregorian, hari Chuseok bakal jatuh pd tgl :
* 2009 : 3 Oktober
* 2010 : 22 September
* 2011 : 12 September
* 2012 : 30 September
* 2013 : 19 September
* 2014 : 8 September
* 2015 : 27 September
* 2016 : 15 September
* 2017 : 4 Oktober
* 2018 : 24 September

Wah . . . 3 Oktober 2009 . . . . 2 hari lagi dong ^^

Hanbok

hangul : 한복
hanja : 韓服

Sedangkan hanbok merupakan baju tradisional Korea Selatan yg merupakan simbol kebudayaan Korea Selatan. Saat ini, hanbok yg digunakan memiliki corak bernuansa confusian yg merupakan warisan dari dinasti Joseon (1392 -1910).

hanbok

Pada masa dinasti Joseon, hanbok terdiri atas beberapa jenis, tergantung dari penggunaannya, seperti hanbok untuk sehari-hari di kerajaan, hanbok untuk festival serta ada pula hanbok untuk hari ulang tahun anak pertama. Keindahan dari hanbok dapat kita temukan pada harmoni dari warna yg tegas dan garis yg sederhana. Hanbok wanita yg disebut dengan istilah chima-jeogori ini terdiri dari rok panjang dan jaket. Sedangkan untuk bagian dari hanbok secara umum adalah :

Jeogori
Merupakan bagian atas dari hanbok. Jeogori untuk pria lebih besar dan sederhana. Sedangkan jeogori untuk wanita lebih pendek dan memiliki garis tepi sebagai hiasan.

Dongjeong
Merupakan kerah putih yang terdapat disepanjang garis leher. Kerah tersebut membuat potongan kerah secara keseluruhan menjadi lebih kontras dan harmonis.

Otgoreum
Merupakan ornamen yang tergantung vertikal pada bagian depan chima.

Baerae
Merupakan garis terbawah dari lengan jeogori atau magoja (jaket luar). Dengan bentuk garis melingkar yang membentuk kurva, serupa dengan garis yang terdapat pada bagian atap rumah tradisional Korea.

Chima
Merupakan bagian luar rok wanita. Ada beberapa bentuk chima : single-layered, double-layered dan quilted. Pul-chima adalah chima dengan potongan punggung terpisah, sedangkan tong-chima memiliki pelipit pada bagian punggungnya.

Pola
Pola tradisional hanbok memiliki kombinasi garis anggun dan warna yang menampilkan keindahan dari hanbok tersebut. Misalnya bentuk pola hewan, tumbuhan, dan pola alam lainnya ditambahkan pada pinggiran rok, maupun pada bagian luar dari kerah disekitar bahu.

Beoseon
Merupakan sepasang kaos kaki. Bentuk dari beoseon sebenarnya tidak merefleksikan perbedan gender penggunanya, baik pria maupun wanita. Hanya saja beoseon pria memiliki pelipit lurus.

Lalu, sedikit kembali ke masa silam. Pada masa hanbok tradisional dan kuno, terdapat beberapa istilah untuk jenis hanbok . Berikut beberapa istilahnya :

Gonryongpo : pakaian raja
Hongryongpo : pakaian raja sehari-hari
Hwangryongpo : pakaian raja sehari-hari. Raja Gojong biasanya memakai pakaian ini.
Hwangwonsam : pakaian ratu sehari-hari
Gwanbok : pakaian pegawai kerajaan yang pertama kali dipakai sejak zaman kerajaan Silla yg telah 4x diubah yakni pada abad ke-11, 14, 16 dan 17. Lalu sempat berganti nama pada akhir abad ke18 menjadi Heuk danryeongpo, Geumgwan Jobok dan Sibok.

Dan terakhir hanbok untuk pria bangsawan pada masa itu juga punya banyak istilah, seperti Waryeonggwan dan Hakchangeui pada tahun 1863, Bokgeon dan Simeui pada tahun 1880 serta Bokgeon hitam dan dopo biru pada tahun 1880.

Sebagai tambahan. Di Korea Utara, pakan tradisionalnya juga berupa hanbok, tapi dikenal dgn istilah Chosŏn-ot (조선옷 / 朝鮮옷).

Oke deh, segitu aja yg bisa aq sampaikan. aq juga baru cari2 tau sih ttg 2 istilah ini krn aq penasaran pengen tau lebih banyak . . hehehe . . Sebagai bonus, mari kita cuci mata melalui beberapa foto para girlband dan boyband dgn hanbok berikut ! ^^

Bonus :

GIRLBAND (WG, SNSD, KARA, BEG, See-Ya)

girlband

BOYBAND (SS501, SUJU, DBSK, SHINee, FT Island, 2PM)

boyband

Siapa yg paling cocok dgn hanboknya hayoooo ?? Klo aq jujur aja suka banget sma hanbok cwek WG n SNSD, yg cowok SHINee ! Sederhana tpi menawan gtu rasanya ^^

Untuk foto Yunho dgn hanbok terbaru, serta f(x) & t-ara, bisa di lihat di postingan sebelumnya yah chingu !

SNSD dancing in hanbok

upload by : linhtinh93

penasaran gimana mreka dance ake hanbok ? so, download it ! hehehe . .

credit : wikipedia + clickasia + yokeebap

  1. Aldila
    1 October 2009 at 7:41 PM

    eh, itu dbsk-nya waktu jamannya balloons kan?
    kalo diliat-liat, tangannya nichkhun laen sndiri.

    • 1 October 2009 at 8:09 PM

      yups, jaman balloons, o.jung.han.bap . .
      iy, beda sendiri . . kebuka sendiri . .
      hehehe

  2. wie
    1 October 2009 at 8:14 PM

    Jadi pengen pake hanbok n ngerayain chuseok bAReng yunho..!
    Trus kumpul dEH MA ortU yunho..!
    MOga ja bisa jadi kenyataAn..

  3. bewie179
    1 October 2009 at 8:15 PM

    Hanbok ntuh super tabrak warna ya??!!! abis ijo, merah trus biru….ckckckkckk…..pengen punya satu…aja…daripada kimono kayaknya lebih nyaman Hanbok deh

  4. bewie179
    1 October 2009 at 8:16 PM

    @wie: waah kamu suka yunho juga ya?? ^^

  5. knights
    1 October 2009 at 9:03 PM

    WG cantik2.. ^^
    wah, snsd pas jamannya Gee tuh.. Rambutnya jessica masih model sebahu.. ^^

    duh, kasian banget taeng sm sunny..
    Udah paling pendek, duduknya paling belakang lagi.. -.-‘

  6. kim si naa
    1 October 2009 at 9:04 PM

    waaahh
    hanboknya aku suka WG (lucu) ama BEG (kesannya wah)trus kalo cowok sukanya SHINee(ceria dan lucu) 2PM (byk kesan bunga ya..kesannya mereka sdg mekar..)
    hahaha
    @bewie179: iya hanbok lebih simpel..kalo kimono ribet tp kalo yg gak ribet yukata.

  7. wie
    1 October 2009 at 9:05 PM

    Ia aku suka ma yunho..

    Leh minta alamat fbx ga?

  8. bewie179
    1 October 2009 at 9:41 PM

    @ kim sinaa: iya tuh,,apalagi yg namanya kimono tuh super span!! ga leluasa jalannya, duduknya…coba hanbok..mo lari ala india juga bisa

    @wie: waah nama kita sama ya ^^ dan sama2 suka yunho oppa *amazing neeh* fbq..just_effect179@yahoo.com ^^

  9. Karin
    2 October 2009 at 5:18 PM

    wah, karin juga baru tau.. trims buat artikelnya yah.. memang tradisi itu perlu dijaga.. karin suka banget liat orang korea pakai hanbok ^^

    hm, di foto itu paling bagus hanboknya wg dan shinee. snsd jg bagus kok.. tapi kalau dibanding dgn hanbok f(x) dan t-ara, kalian suka f(x) dan t-ara nya !

  10. top fans no.1
    3 October 2009 at 5:14 PM

    thanks untuk postingannya.. memabantu banget..
    hehe.. hm, bigbang nggak ada ya ??

  11. joana
    3 October 2009 at 8:12 PM

    kalo ss501 always cakep..pa lagi pake tu hanbok
    kalo girl band si WG

  12. aluto
    6 January 2010 at 4:10 PM

    yang mn aja ok ha bog-nya
    pengen punya atu nih……………
    setuju klo kimono lebih repot!!!!

    hidup kebaya………….INDONESIA
    (gak nyambung)

  1. 2 October 2009 at 4:41 PM
  2. 3 October 2009 at 9:46 AM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: