Home > artikel, news, politics > Kisah Sang Mantan Presiden, Kim Dae Joong : Pejuang Demokrasi dan Perdamaian Hingga Akhir Hayat

Kisah Sang Mantan Presiden, Kim Dae Joong : Pejuang Demokrasi dan Perdamaian Hingga Akhir Hayat

Posted by  :  seetwopm

Annyeong para reader KH sekalian, Salam sayang dari aku, hehehehe (ngaco) Hari ini akhirnya aku bisa ngepost lagi, soalnya tugas – tugas buat besok udah aku selesein semua n aku udah belajar buat ulangan, jadi aku free untuk hari ini. Ahahahaha, aku senang. Tapi kali ini aku gak ngebahas tentang SHINee, 2PM, 2AM, atopun artis – artis KPOP lainnya, kali ini aku mau nulis tentang Mantan presiden Korea yang baru – baru ini wafat, yap… Beliau adalah Kim Dae Joong.

Sebelumnya mian banget kalo kalian pada mikir “Ih, si sita nih ngepost apaan sih gak mutu”, ato… “Hmm Ngapain juga si Sita nulis ginian, males banget deh bacanya” dan “Lhoh? Kog malah berbau politik??” miaan banget… Aku cuman mau berbagi informasi aja, karena menurutku jasa n semangatnya mantan Presiden yang satu ini cukup berharga untuk dikenang, jadi kalo kalian mau tau alesannya kenapa Korea Selatan begitu ‘kehilangan’ beliau, silahkan baca postinganku dibawah ini, mangga atuh…

0013729e44a40bfc43c60d

Jadi gini, postinganku ini bermula dari waktu tadi aku baca – baca majalah TEMPO nya ortuku, setelah aku baca artikel tentang ‘Posh’ alias Victoria Beckham, Gadget terbaru, dll, mataku gak sengaja ngeliat satu artikel, artikel itu adalah artikel tentang Wafatnya Kim Dae Joong, ternyata setelah aku baca, kisah perjuangannya beliau itu menarik, n karena aku penasaran aku search lewat google. Dan akhirnya, aku mutusin buat ngepost tentang itu semua di KH, soalnya aku mau berbagi cerita ama temen – temen semuanya, berbagi cerita tentang sesosok Kim Dae Joong yang gak hanya dilihat dari sudut pandang politik semata (ampun deh bahasaku, hehehe).

Seperti yang udah aku post in kemaren – kemaren, Semua music show untuk minggu kemaren dibatalin dalam rangka berkabung atas kematiannya Dae Joong-nim yang meninggal pada usia 85 tahun di Yonse Severance Hospital, selain itu penduduk Korea Selatan pun tampaknya bener – bener terpukul atas kematian mantan presiden mereka ini. Bahkan ada beberapa orang perwakilan yang khusus diutus untuk menghadiri pemakamannya oleh Kim Jong Il, penguasa Korea Utara yang notabene kalian tau sendiri kalo Korea Utara itu sama sekali gak akur ama Korea Selatan. Bahkan bisa dibilang saling bermusuhan, wong Korut aja udah ngeluarin ancaman kalo mereka bakalan ngebom Korsel pake nuklir kog.

Semua simpati yang ditunjukkan dari berbagai pihak itu tentu aja bukan tanpa alesan, karena setelah aku baca – baca berbagai artikel tadi, ternyata Dae-joong haraboji ini mempunyai berbagai jasa dan pengabdian pada Korsel. Semasa hidupnya, beliau ini dikenal sebagai sosok yang tegas, pemberani, bersemangat, ramah, dan pantang menyerah. Pada pemakamannya, banyak masyarakat dari berbagai generasi dan kalangan bersama – sama berkumpul n bergandengan tangan terus antre dengan hikmat untuk ngasih penghormatan terakhir ama beliau di depan 18 altar yang tersebar di seluruh Korea Selatan. Bahkan bekas presiden Chun Doo Hwan yang dulu pernah berniat untuk ngehukum mati beliau di tahun 1981 juga hadir melayat.

Dae Joong haraboji dilantik sebagai presiden Korea Selatan di usianya yang ke 74 tahun pada Bulan Februari tahun 1998. Beliau mempunyai seorang istri, yaitu Lee Hee-Ho, serta tiga orang putra, yaitu Kim Hong-Il, Kim Hong-Up, dan Kim Hong-Gul.

Kim Dae Joong ini lahir di Pulau Haui, kawasan barat daya Korea. Awalnya beliau kerja di industri perkapalan, sebelum akhirnya terpilih jadi anggota parlemen pada tahun 1961. Sebulan setelah itu, Korea dilanda kudeta militer yang akhirnya menyebabkan kekuasaan jatuh ke tangan Jenderal Park Chung Hee, pemimpin gerakan kudeta tersebut. Waktu masa pemerintahannya Chung Hee, hidupnya Dae Joong-nim ini sengsara banget, soalnya si bapak Chung lim Chung Hee ini adalah musuh bebuyutannya beliau. Beliau berkali – berkali mau dibunuh, tapi untungnya beliau masih selamat. Pernah suatu kali beliau ditabrak truk seberat 14 ton pada tahun 1971! Kecelakaan ini membuat Dae Joong mengalami kesulitan berjalan hingga akhir hidupnya, terus pernah juga beliau diculik oleh intelijen Korea waktu beliau berobat di Jepang pada tahun 1973, dan beliau ditaroh di sebuah kapal kecil di laut lepas hingga berhari –hari, aigooo, tega banget sih tu, ck ck ck…

Kim Dae jung

Satu prinsip Kim Dae Joong yang menurutku keren banget, beliau pernah bilang kaya gini…

“Orang bisa mati karena apa saja. Tapi mati karena demokrasi merupakan suatu kehormatan bagi saya…”

Wow, aku jadi mulai kagum ama beliau, selain itu prestasi serta jasa yang ditorehkan beliau buat Korea Selatan juga gak sedikit lho, ya contohnya nih ya beliau mendapat penghargaan karena dianggap telah bisa ngeluarin Korea Selatan dari jurang krisis moneter tahun 1998. Dae Joong juga berhasil menegakkan demokrasi di Korea Selatan n mbebasin Korea Selatan dari Rezim diktator. Gak cuman itu aja, yang paling hebat nih ya… Lewat Sunshine Policy, Kim Dae Joong berhasil mendekati Korea Utara pada tahun 2000 n nawarin rekonsiliasi pada Pyongyang. Dunia pun jadi saksi ketika beliau ama pemimpin Korea Utara, Kim Jong Il berjabat tangan n mengumbar senyum serta secara bersama – sama melantunkan lagu tradisional Korea. Dan berkat jasanya ini, Dae Joong menerima Hadiah Nobel Perdamaian pada tahun 2000.

Ini dia pict nya…

Kim Dae Jung n Kim Jong Il

Kim Dae Jung n Kim Jong Il

Tapi ya seperti kta orang – orang bijak diluar sana, tak ada gading yang tak retak. Pada akhir masa – masa pemerintahannya, beliau justru harus menelan pil pahit soalnya nih ya Putra keduanya, Kim Hong Up beserta putra bungsunya, Kim Hong-Gul, harus masuk penjara karena kasus korupsi. Beliau shock  malu banget atas perbuatan kedua putranya itu, bahkan beliau berkali – kali meminta maaf pada Negaranya tercinta dan berjanji akan mengadili kedua putranya sesuai dengan ketentuan yang ada.

Satu mimpi Kim Dae Joong yang belum sempet terpenuhin hingga ia menghembuskan nafas terakhirnya, yaitu ngeliat Kedua Korea bersatu lagi. Wah, aku aminin aja deh harapannya Dae Joong-nim ini, semoga dunia segera dikaruniai perdamaian, amin. Selain itu aku doain juga semoga Arwah Kim Dae Joong diterima di sisi Tuhan Yang Maha Esa, hope he’ll rest in peace forever. Nah, sekian dulu ya postingannya, maaf kalo kalian kurang berkenan, makasih buat yang udah mau nyempetin waktunya buat ngebaca tulisanku ini, gomawo ^^

Credit : tempo, google

Categories: artikel, news, politics Tags:
  1. Lydia Lee 환희
    27 August 2009 at 10:14 PM

    coba presiden kita kayak dia…jadi negara seperti apa kita sekarang?

  2. 27 August 2009 at 10:31 PM

    semoga korea bersatu lagi. jujur nih ako sedih bgt lyat nasib warga korut lewat film crossing. mereka hidup bener2 sengsara. di saat warga korsel disbukkan dengan hi-tech & entertainmentnya di korut mereka di paksa kerja dengan haknya yg gak sepadan. euuuh😦 semoga mereka bersatu. amin ! good post sit. ako jadi semangat nyari artikel ttg SBY. kenapa ? soalnya ako dapet bagian mresentasi masa pemerintahannya SBY-JK. hahaha ! anak ipa ko belajar sejarah. michyeo~ michyeo~

  3. Brian Junsu
    27 August 2009 at 10:33 PM

    Aq mao nangis bc brita ni T.T
    perfect . . Kmu bs bercerita dgn baik . . Nice share . . Aq ikut amin-in . .
    Wah wah . . (gag bs blng pa pa lg)

  4. 27 August 2009 at 10:44 PM

    @lyd : ya kita doain aja deh lyd, moga2 indonesia kita tercinta ini bisa bangkit n semakin jaya🙂

    @ajenk : hehe, makasih on, aku tadi takut kalo kamu n author2 pada protes gara2 aku ngepost yang tentang kaya gini… ^^ semangat on!

    @brian : Wah makasih banget ya mas, aku juga terharu ama kisahnya beliau, makanya itu aku mutusin buat ngeshare ini di KH… ^^

  5. Dyah
    28 August 2009 at 10:24 PM

    Aq salut ama sita onnie yg ngepost brita ini…
    Moga2 negara qta jga bsa mju kea korsel,amin…
    Tpi,khidupan warga korsel ama korut bda jauh y…

    • seetwopm
      29 August 2009 at 1:19 AM

      halo dyah, wah makasih banget ya, kemaren aku cuman iseng aja nulis postingan ini, soalnya aku ngerasa kisahnya beliau tuh menarik buat diulas…🙂

      iya dyah, Korut ama Korsel itu beda jauh keadaannya, Korut memprihatinkan, kasian penduduknya padahal korsel tiap minggu nya selalu nikmatin dunia hiburan yang gemerlap gitu, beda banget lah, kasian …😦

  6. onewchan
    29 August 2009 at 8:36 AM

    Iya,hebat bgt perjuangannya beliau untuk negara nya tercinta ! Aku kagum bgt ama beliau..dia bsa menciptakan perdamaian dengan korut pada saat itu…
    Mudah2an beliau bs istirahat dengan tenang disana,amin🙂

  7. Ayoe_xiahkey
    29 August 2009 at 12:35 PM

    halo aq coment di tngah2 ospek jurusan tek.industri yg asyik abis…hoho!aq td br plg jam 1 trus tidur jam 4 n bangun lg jam 6 bwt ngerjain tugas.,^-^ *curhat geje*…

    btw alm.kim dae joong hebat bgt y!pgen deh indo punya pemimpin kaya g2…

  8. あんげる
    29 August 2009 at 9:01 PM

    sungguh mengharukan..
    aku juga berharap kita punya presiden seperti itu.. amin..

  9. Karin
    29 August 2009 at 9:11 PM

    wah, karin mau nangis bacanya.. nggak nyangka.. bagus kak.. sering2 juga posting yg mengharukan ini.. bagus buat panutan.. hehe..

    coba Indonesia juga punya.. pasti nggak ada tuh yg namanya Malingsia ngerebut bla bla bla.. aduh, maafkan pembicaraan ngawur ini.. hehehe

  10. 30 August 2009 at 10:47 AM

    @あんげる : iya, amin, aku juga berharap kaya gitu🙂

    @karin : yap, bener tuh rin, aku keki banget tuh gara2 itu, huh
    makasih ya rin, hehehehe, iya, aku ntar sering post tentang hal2 gini deh ^^

    @all : makasih ya udah mau baca n komen, gomawo ^^

  1. 27 August 2009 at 11:09 PM

Leave a Reply

