Home > artikel > Slurph, Slurph . . Korean Healthy Food ^^

Slurph, Slurph . . Korean Healthy Food ^^

post by : Brian 준수

Halo semua ! Kita jumpa lagi dalam acara masak memasak, eh, salah. Maksudnya kembali berjumpa di postingan baruku ini. Aku sudah dari dulu pengen posting ttg budaya Korea selain dunia entertaimentna yg super duper gemerlap. So, kali ini aq sempetin diri buat posting ttg makanan tradisional di Korea yang memiliki kandungan gizi yg tinggi, tidak bukan dan tidak laen adalah KIMCHI dan DOENJANG ! Ada yg nggak tau KIMCHI atau DOENJANG ??? Ya suda, langsung aja kita bahas . . .

1. Kimchi

23219340_22f1ba951d

Merupakan salah satu makanan tradisional Korea yang berupa asinan sayur hasil fermentasi yg berbumbu pedas. Kimchi mengandung kadar serat yg tinggi namun rendah kalori. Kaya akan vitamin A, thiamine (B1), riboflavin (B2), kalsium, zat besi dan bakteri asam laktat yg amat sangat baek untuk pencernaan kita. Sbg salah 1 dr 5 makanan tersehat di dunia (berdasarkan majalah Health Magazine lho ! WOW !!), kimchi dikatakan mampu mencegah kanker.

kimchi

Makanan yg pertama kali dikenal dgn sebutan chim-chae (Hangul : 침채; Hanja : 沈菜) yg berarti “sayuran yang direndam” ini dibuat dr beraneka ragam bahan sesuai dgn jenis kimchi dan selera orang yang membuatnya. Kimchi yg paling digemari adalah baechu kimchi yg dibuat dari sawi putih dan lobak dicampur bawang putih, cabai merah, daun bawang, cumi-cumi, tiram atau makanan laut lain, jahe, garam, dan gula. Museum Kimchi Pulmuone yg terletak di Seoul mencatat ada 187 jenis kimchi !!!!! Mulai dari kimchi zaman dulu hingga kimchi zaman sekarang. Faktanya, di Korea dikenal lemari es khusus untuk kimchi !!! Sebagian besar orang Korea akan membuat kimchi dlm jumlah banyak saat panen sawi putih di musim dingin sehingga memerlukan lemari es khusus untuk menyimpan persediaan kimchi dlm waktu cukup lama. Berikut cara membuat kimchi !

upload by : koreancuisine

2. Doenjang

1207635672_08f41d5683

Doenjang merupakan slh 1 makanan fermentasi yg dibuat dr pasta kacang kedelai yg direbus serta dikeringkan di panas matahari dlm bentuk persegi (blok). Bentukan doenjang yang dikeringkan ini dinamakan Meju (Hai para rakyat Bali, jangan ketawa denger kata Meju ! He he he). Pada proses pengeringan, muncul jejamuran, pertanda telah terjadi proses fermentasi sehingga menimbulkan bau menyengat. Stelah dikeringkan blok-blok doenjang ini dipindahkan ke tempat yg lebih hangat lalu dimasukkan ke dlm tempayan besar berisi air garam yang menyebabkan terjadinya fermentasi yg lebih baik lagi, yakni melehkan bentuk meju yg tadinya keras menjadi pasta kacang khas Korea. Jika pasta kacang dipisahkan dengan air dr hasil fermentasi tadi, akan menghasilkan kecap khas Korea yang disebut Ganjang. Umunya, doenjang dibuat secara manual di rumah-rumah orang Korea, terutama di pedesaan. Doenjang juga populer dimasak sebagai sup, yaitu Doenjangjjigae. Doenjang juga memiliki gizi yang tinggi karena dihasilkan dari proses fermentasi yang bersifat anti kanker serta memiliki sumber mineral dan flavonoid yang bersifat antioksidan.

Doenjang in Soup

Jadi, seandainya nih kalo kamu ke Korea dan ditawarin untuk makan makanan Korea, jangan lupa untuk memilih Kimchi dan Daenjang yah ! Coz 2 makanan ini super duper healthy dah ! Dijamin ! Mo coba buat kimchi ?? Why not ??

Yah, kira-kira sebegitulah yg mampu aq ulas di edisi kali ini . . Tunggu saja budaya Korea lainnya yg kemungkinan aq bahas yah !

credit : lakewoodconferences + lovethatkimchi + meilengloh + youtube

Categories: artikel Tags: ,
  1. Rie_imyudh
    20 May 2009 at 12:26 PM

    Kimchi sich uda pernah makan. Walow lidah Indo dgn Korea beda, tpi g tau whae akhuw suka!!!!! LOVE ITTTTTTTTTH ! He 3x

    Daenjang? Bru denger nih makanan..,,

    Perna c nyoba buath kimchi n the result,,,,,,,,,,, oishiii !!!!

  2. nuyy abc's kangin
    20 May 2009 at 1:34 PM

    maje pa bri?

    kimchi kl d indo sbangsa pa? jd pnsran !

    mkanan korea yg dah prnh ak cb paling cm mie nongshim..wlopun d indo jg byk mie, tp mie yg ne beda lah, yg laen jg mgkn dah pd nyoba..

    oia bri, bhas jjangmyeon lain x ya !🙂

  3. 20 May 2009 at 2:27 PM

    hi brian, waaah menggoda selera nih jadi laper, hihihi X)
    hhuu udah pernah nyobaik kimchi sih yaaaampuuuun parah asinnya ga nahan
    hhuu gmana nih kalo mau berkunjung k korsel😛
    Doenjang baru denger nih, hmm tapi ko kyanya campurannya aneh deh
    oh yaa ga ada saran restoran korea yaa ??

    • 20 May 2009 at 2:32 PM

      kmo stay dimana ryaa ? jujur aja nih ako belom pnah makan masakan korea. (nangis darah). scr di sini (denpasar) blom nemu resto korea yg enak & harganya terjangkau. maklum kantong anak pelajar. bri bikin part 2nya donk !

      yg dukkbokki ama sate ikan (apalah itu namanya)

  4. 20 May 2009 at 2:30 PM

    wah… brian…..
    ada kategori food jg iia….

    haha… yup… i know… yg pnting “about korea”… hehe

  5. 20 May 2009 at 2:38 PM

    @ ryaa : klo di Jawa apa lgi di Jkt kykna bnyk deh . . ntar cb Q cri info . . bsk Q ksi tw . .

    @ ajenk : iy jenk, sma . . aq jg blum perna . .

    @ viva : yupz, aq pengen bs posting ttg tradisi Korea jg . . adat istiadat, dll gitu . . asyik . . seru . . maknyuz . . he he

  6. 20 May 2009 at 3:00 PM

    hhii, ooo kalian smua pd tinggal di Denpasar yaa ??
    aku sih di bekasi yaa deketlah sama jakarta, iyah aku yang tau itu han gang sama mu gung hwa, han gang udah pernah makan waktu kmren ikutan gathering, aku suka mie bihunnya korea enakk bgt deh, eh cari lagi dong makanan korea yg lain, resep kimbab dong ??

    • 20 May 2009 at 3:13 PM

      bole . . sahabr yah, musti cri referensi . . he he

  7. 20 May 2009 at 7:12 PM

    jadi pengen nyobain masakan korea…
    nyamnyamnyam….

  8. 20 May 2009 at 10:42 PM

    thx briiìì
    Ntr coba masak ah….

  9. beby hyunki
    20 May 2009 at 10:53 PM

    Wah,,
    jd mupeng nie ma masakan k0rea >_<

  10. Rie_imyudh
    21 May 2009 at 5:55 AM

    slurphhhh, enak tenan.,,
    akuu udh perna nyoba mkn kimchi n the taste is,,, GOOOOOOOOOD !!!!
    Luph kimchi !!!!

  11. Luph MirotiCha
    21 May 2009 at 6:39 AM

    aku ud perna makan kimchi dan aku suka,,!!!!
    pedes asin abissss (suka banget ma makanan pedes n asin)
    mo makan lagiiiiii !!!!!!

    hm, tpi klo doenjang, bluum,, hm, musti coba di ruma nih,,
    klo doenjang nggaa ad cr buatnnya ???

    btw, ksii info2 mkn lgi yaa
    aku suka blog ini !!! tinggal tradisi Korea yg laen di tambah, komplit dah !!! he he

  12. Lili-tha SHiNe ath TV-X
    21 May 2009 at 6:42 AM

    wao.. ngeba’as makan Korea jg ??
    hm.. bakal sering2 maen dah,,

    o ya, aku perna ke Korea 3x doang,, tpi aku gak perna denger doenjang. klo kimchi mah sering,,

    • 21 May 2009 at 6:46 AM

      waaah pernah ke korea 3x doank ? ako gak pernah doank. hahahaha ! waaah crita2 donk ! doenjang kayany enak …

  13. Lili-tha SHiNe ath TV-X
    21 May 2009 at 7:06 AM

    kyg pertama pas aku kls 2 SD, jdi krng inget. aku pergi bareng ortu ngadirin nikahnya tanteku sm org Korea. yg kedua pas kls 6 liburan,, yg ke tiga pas kls 2 SMP kmaren,,
    tapi perginya paling lama 5 hri doang,, hiks hiks,, cuman sempet makan bulgogi,, kimchi,, sma mknan2 yg aku ngga kenal. o y, pas aku pergi tuh slalu musim gugur. jdi gak tau dah klo dingin kyk gimana., agak dingin sih,, pas kls 6,, plng dr Korea langsung sakit,, (memalukan ,,)

  14. 21 May 2009 at 7:08 AM

    wah, ada yg pernah ke Korea 3X ??????????????????
    Wow wow wow . . keren . .

    hm, salah kenal yah . .

    baik, aku aka sering3 post ttg kebudayaan Korea !!

  15. Luph MirotiCha
    21 May 2009 at 8:40 AM

    selanjutnya bahas bulgogi jg yah !

    o y, klo bs bahas jajan2 pasar ala Korea jg y . . yg kyk di BBF,, yg GJP makan bareng papa n adeknya GJD. hee..

  16. 22 May 2009 at 8:53 AM

    hey, btw ada yg tau makanan korea yg semcam kue kenyal gitu ga sih namanya apa, kata tmenku sih namanya kue beras, cuma dy dibikin pake bumbu pede gtu juga kya kimchi. ada yg tau itu namanya apa ?? Tteokbokki bukan sih ??

  17. Karin
    25 August 2009 at 10:19 PM

    wah.. enak banget.. kayaknya..

    (aduh, kenapa malem gini malah cari postingan ttg makanan ?)

  18. allen
    4 March 2010 at 4:03 PM

    annyeong haseyo…
    KOREA memang canggih and it’s the beast ……
    JESUS BLESS YOU…
    kamsahamnida…

  19. Brian Junsu
    5 March 2010 at 6:46 AM

    @allen : amen~ hehe. thx

  1. 9 April 2010 at 4:53 PM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: