Home > life style > Kebiasaan – Kebiasaan orang Korea..^^

Kebiasaan – Kebiasaan orang Korea..^^

posted by : Lydia Lee

name_rere_622200991800AM_south-korean-flag

Hehe..sebenernya ako cuma iseng aja ngubrak ngubrik google dan menemukan banyak kebiasaan orang korea yang aneh , lucu , unik bahkan ada yang ako kurang sreg langsung aja kita bahas yuk…

Yang pertama adalah kebiasaan umum ato menurutku UNIK yang kita sering liat di film atawa drama korea:

dari film my little bride

idung1

dari film The Vineyard man

idung2

  • mereka itu kalo lagi kesakitan atau kesemutan demen banget jilat jari terus disentuhin ke hidung
  • Kebiasaan gendong orang mabuk ( habis disana ga ada bajaj sih.. jadi ya di gendong, naik taxi kan mahal.. banyakan sih mereka naik bus, tapi bus kan ga berhenti pas di depan rumah.. ya harus jalan, jadi orang mbknya di gendong.. kalo cari taxi juga kan ga bisa nyetop sembarangan kayak di Indonesia begini…)
  • Kebiasaan makan mi langsung dari panci (ke praktisan.. kebanyakan panci yang dipake adalah panci kuningan, which is lebih mudah dingin.. btw, mi korea itu enak banget loh.. lagian byar gax nyuci pirik 2X, panci + piringnya…dan katanya sih kalo makan lansung bersama dari panci akan terasa kekeluargaanya (apa coba)
  • Kebiasaan makan mi bunyi “slurps” (inilah membuat ako kadang2 sebel nonton film korea adalah ketika adegan makan..ampon dah..membuat lapar mulu..liat mereka makan dengan napsunya..aduh engga nahan deh )
  • Kebiasaan punya meja panjang ( kayaknya mereka itu respek banget sama pemandangan malam, seringkan ada adegan tiduran malam2 di musim panas dimeja itu sambil lihat bintang.. owww so sweetzz ( jadi pengen punya meja gituan dech )
  • Kebiasaan ngomong aigo ( mirip dengan orang chinese kalo ngomong aiyo atau aiya… mirip kita ngomong dengan akhiran “deh, kan, sih”
  • kebiasaan pegang telinga habis pegang panci panas (katanya sih telinga itu merupakan organ tubuh yang paling stabil suhunya..)
  • Kebiasaan mukul kepala (mukul kepala adalah hal yang lumrah di korea..denger2 sih kalo ortu disana dengen gebuk kepala anaknya biar pinter..apa coba adanya juga anaknya stress digituin..)
  • Kebiasaan sopan sama pembeli or pelanggan ( ako paling suka kebiasaan ini, jarang ada di Indonesia, hanya dengan beli es krim Korea seharga 10 ribu, dia bilang hati2 dijalan.. baik sekali ya… coba semua pedagang seperti itu)
  • Orang2 korea kalau makan pasti penuh banget dimulutnya ampe kesedek liatnya apalagi kalo mereka sambil ngomong pasti tuh mulut sampe monyong2..haha..yang lbh parah lagi kalo sambil marah..tuh makanan semua muncrat2 kasian banget orang yang di marahin..)
  • Kebiasaan gosok gigi (ako masukin ini sebagin kebiasaan mereka..karna dalam setiap film ato drama selalu ada adegan gosok gig..yah yg sambil ngomong ,nyanyi apalah segala macam..)
  • Kebiasaan kalo lagi kesal ngomongnya ditekankan pada satu kata, kesannya seperti orang pengen meludah.. mungkin karena kesal banget jadi pengen ngeludah ya…(ako pernah iseng nyobain kyk gini yg hasilnya ako kesedek sampe batuk2)
  • Kuat banget makan dan mabuk (tidak usah diragukan)
  • Kalau matiin HP batrenya langsung dicopot (denger2 HP disana engga ada tombol REJECT jadi cara tercepat adalah dengan mencopot batre)
  • Suka banget kalo lagi sedih pergi ke atap dan merenungi nasib (mungkin karna pemandangan disana enak kali ya)
  • Jarang mandi kalo lagi musim dingin (not sure about this..tp bisa aja secara korea kalo musim dingin..dingin banget boo)
  • Suka banget mecahin telor pake kepala (kagak jelas maksudnya apa tp yg pasti patut untuk dicoba)
  • Suka makan BAWANG PUTIH (dipercaya dapat menetralkan darah..biar engga darah tinggi gitu)
  • Kebiasaan makan yang panas2 (dengan ini banyak orang korea yang bhkan belum berumur 40 harus memakai gigi palsu karna gigi aslinya hancur)
  • Kebanyakan co korea tuh lebih perasa , romantis ,penyabar dan rapuh hatinya (?) daripada ce nya..(beda banget sama di indonesia)
  • Sumpit harus stanless steel gag boleh yang lain (ada sejarahnya mengpa mereka hanya mau menggunakan sumpit yang seperti itu

Segitu dul yah guys yang bisa lydia kasih tau ke kalian..

sekarang ke bagian yang kurang baik..setiap negara pasti punya kebiasaan yang kurang baik termasuk negeri tercinta kita korea.

Kebiasaan Buruk Orang Korea

  • Orang Korea Selatan sering menyuguhkan minuman beralkohol sebagai penghargaan pada teman atau tamunya.. Minuman beralkohol merupakan hal yang biasa di Korea Selatan, baik untuk laki-laki dan perempuan.( karena ako bukan peminum, jdi menurutku Itu hal yang buruk … Bila kita menghadapinya, sebaiknya kita menerima dulu minuman tersebut baru kemudian diletakkan lagi dan kemudian minta minuman ringan lainnya ( itu sekedar tips saja.. hehehehe )
  • Orang Korea Selatan bertemperamen tinggi dan kasar terutama dengan orang yg menjadi bawahannya, mereka sering bicara keras seperti orang marah, diselingi makian dan kadang tangan memegang / mendorong kepala dimana hal tersebut dianggap hal biasa
  • Makanan yang disantap orang Korea Selatan umumnya banyak mengandung Babi
  • Makan di dalam kamar merupakan hal yang tabu, karena dipercayai membuat rezeki tidak akan masuk / menjauhkan dari rezeki …
  • Korea Selatan menegur atau membentak, kadang memaki bawahannya langsung saat itu juga bila melakukan kesalahan sekecil apapun (kadang belum tau salahnya apa jg sudah main bentak dulu, ini yg bikin kesel sama orang korea) Selesai marah atau dimarahi, tapi orang Korea Selatan tidak menyimpan dendam di hati, persoalan berhenti sampai saat itu juga.
  • Sebagian masyarakat Korea Selatan mempunyai pandangan bahwa bila kita minum bersama sampai mabuk maka tidak ada rahasia lagi diantara mereka dan mereka akan saling percaya dan bersahabat Untuk menghilangkan stress dan penat …
  • Budaya Operasi plastik yang dilakukan oleh orang2 dikorea… Di korea 75% Warganya telah melakukan operasi plastic ( Padahal menurutku, tampang2 mereka sudah oke2 kok ditambah lagi warna kulitnya bagus)
  • Warga Korea selatan dinobatkan sebagai warga paling stress di Dunia Whatt the?? 81% dari penduduk korea mengalami stress setiap harinya makanya banyak banget warga korea yang demen BUNDIR (Bunuh Diri) karena kehidupan korea yang keras…

so kalian tetep ingin ke Korea??

ako sih mao aja kalo ada yang ngajakin…secara bisa ketemu suami *ngarep*

source : forum lautan indonesia

About these ads
Categories: life style
  1. Brian Junsu
    30 September 2009 at 5:16 PM

    wah . . maaf banget. aq gag tau klo mslh biaya . . gag pernah pergi ke sana sih . . klo biaya tiket sih skrng gag terlalu mahal. tapi biaya hidup di sna yg mahal.

  2. adelia
    12 October 2009 at 10:00 AM

    bro, aku butuh banget info tentang bagaimana syarat2 nikah ma orang korea and surat2 apa aaja yg dibutuhkan dan masih banyak yg lainnya..
    km pny kenalan cwe or cowo yg nikah ma orang korea and tinggal disana ga???
    klo ada, aku minta no tlp or apa aja yg bisa bwt komunikasi ma dy(email’ym dll)
    please aku butuh bgt ney T_T

    • 12 October 2009 at 10:41 AM

      wah, sepupuku sih, cuman aq gag dekat krn faktor usia yg uda cukup jauh. dan skrng mreka tinggal di Australia. maaf banget nih aq gag tau T.T
      hm, knp tdk tanya langsung dgn pasangan atau kerabat ?

  3. kiky_bidam
    13 March 2010 at 1:16 PM

    hai,, aq mw nanya nih..
    kalo org Indonesia pengen kerja di Korea, gampang gak ngurusx?

  4. Brian Junsu
    13 March 2010 at 4:38 PM

    @kiky : tergantung jenis pekerjaan nya sih. kalau mulai dr nol kykna agak sulit. tpi yah blm tau klo gag di coba~ kt gag tau pasti sih . .

  5. yuenaf chayank micky
    4 June 2010 at 2:00 PM

    GA SEMUA ORANG KOREA KYA GITU X

  6. 5 September 2010 at 3:05 AM

    Ga’ smua ork Korea kyk gitu ah……!!!!!! Tp jd takut juga sih gila temperamen.a keras…..!!!

  7. 23 October 2010 at 3:11 PM

    Memang Bener kok warga Korea itu warga paling strees di dunia dan tempramennya juga tinggi sekali bahkan melebihi Cina dan Jepang sekalipun, udah ada penelitian sebuah lembaga riset Amerika mengenai hal ini. Lebih baik cintai negeri sendiri dalam keadaan apapun dan sejelek apapun negeri ini karena dalam agama apapun mencintai negeri sendiri adalah wajib hukumnya.Dunia juga mengakui kalau Indonesia itu tanah surga, so.. Cintailah negara kita ini beserta produk-produknya apapun kondisi dan keadaanya.. Okey sob!

  8. Julie
    7 November 2010 at 10:48 PM

    Aku sdh pernah tinggal di korea di musim semi & winter, byk kenalan, laki& perempuan, rata2 baik,memang byk culture shock juga. Tp setiap negri ada positif & negatif masing2 kok…ak lg buat bukunya sooo…tunggu aja dueh…rgds.

  9. 11 November 2010 at 4:45 PM

    Ah yang bener Julie? he..he..he..he.,

  10. wulan
    12 December 2010 at 3:25 PM

    pngen ke korea ..
    soal.a pngen ktemuu Jang Geun Suk.. hhehe.. :*)

  11. cebol
    8 January 2011 at 1:35 PM

    orang korea enak yach di aja minum…perna gwe suguhin SEBOTOL JOHN ROBIN EHHH GAK MABUK2…

  12. 20 February 2011 at 10:41 AM

    wah serem jga yah… tp ada 1 hal yg paling kusuka dr negara korea. mungkin ga kebahas di atas he..he.. nasionalismenya tinggi katanya.. katanya jga setiap pemuda warga negara korea harus alias wajib militer. wah bagus tuh…

  13. arum
    26 April 2011 at 8:20 AM

    gimna cara nya biara kluarga cwo ( korea ) merestui hubungannya sma kita,,,,krn konon org korea itu ga mau nikahin anaknya yg bukan dari kerabatnya atau bukan 1 ras dgn mrk ya ibaratnya 1 kelas lah,,,

    minta sarannya donk,,,supaya si cwo berani ngmong sma klga nya,,,,
    caranya gimna biar gampang ktemu n hbngnnya di restuin,,ya walaupun butuh proses yg lama bgt !!!

  14. Angga
    8 May 2011 at 10:17 AM

    sayang yah makanan di sana mengandung babi. kira2 resto2 korea disini halal ga?
    ternyata cowo disana beda bgt ama di jepang

  15. ani
    13 June 2011 at 9:27 PM

    pikir lagi dech klo married ama org korea..aku udah rmhtangga ama org korea ooh…banyak komplen..sensitif..emang sich romantis klo lg ada maunya…tp bnyk bikin stress..cz jadi sibuk banget apa lg soal makanan soalnya hrs selalu bikin baru jd sering di dapur…he.he.he

  16. feliciaKeyHae
    11 September 2011 at 3:13 AM

    yuenaf chayank micky :GA SEMUA ORANG KOREA KYA GITU X

    setuju

  17. cinta
    2 November 2011 at 8:29 PM

    wah kayaknya gara2 sinetron korea jadi pada tergila2 sama cowo korea. Saya juga begitu. Tapi setelah selidik2, lewat teman2 dan internet, ternyata peran cowo2 di movie itu jauh berbeda dengan aslinya. Cowo korea, yang saya tahu suka teriak2 atau cepat marah. Bisa dimengerti karena kebanyakan keluarga mereka seperti itu dari kecil disiplin tinggi sudah ditegakkan dan persaingan di sana gila2an. Belum lagi kalau ortunya suka marah2 atau bentak2, anakpun akan begitu.Jadi kalau dari kecil sudah liat contoh begitu tentunya akan begitu juga sedikitnya kalau sudah besar. Memang kulit putih, bagus kinclong, ganteng, tapi itu kan bintang filmnya hahaha….. aslinya banyak juga pasti yang sebaliknya. Sama aja kayak di indonesia. Yang saya tahu katanya kasar, tapi tidak semuanya lho, karena semua itu kan tergantung orangnya. Kalau sebatas untuk khayalan sich ok, Tapi kenyataan hidup akan beda dari film. Saya pikir buat orang indonesia yang halus2 dan agak nyantai kagak bakal kuat sama orang korea…..

  18. 22 November 2011 at 10:41 AM

    Mnrt aku sih, menyuguhkan bir kpda tamu itu sih ga mslh. Itu kan bukan tabu klo di Korea

  19. 22 November 2011 at 10:44 AM

    Dan jg sbnrnya org korea itu stresnya ga separah org Jepang.

  20. JBL
    9 January 2012 at 8:10 PM

    Yang punya ini ndhagel…
    hahaha :D

  21. nisa
    27 January 2012 at 4:07 AM

    Aku abis bca sejarah korea,wah kyakna indnesia bisa blajar bnyak dri korea ya,negara yang hancur akibat perang bisa jdi negra maju and modern krang dri60thun,kta aja yang dah mrdeka lbh dri60tahn blim smaju mreka,klo mw ksih sdikit pembelaan sih emang korea lbh kcil and pnddkna lbh sdkt,aniway stiap ngara kan pnya tradisi msing2 ya

    Oiya ada yg tau,knpa orang korea kalo di sauna maknnya tlor rebus?

  22. NaNa
    28 September 2012 at 3:05 PM

    setuju gw! G kuat iman jg tu mereka, dikit2 bunuh diri… :D

  23. kadek
    24 March 2013 at 4:55 PM

    sahabat gue dan temen gue orang korea.. mereka klo udh sayang ama orang, sayang bgt, tpi klo udah skali benci ya benci selamanya…

    temen gue baik2 kok.. sebagian dari mereka terbuka. ga semuanya orang korea temperamen. kalo mreka minta ato ingin sesuatu pasti mintanya dengan aksen yang lucu..

  24. 27 April 2013 at 1:42 AM

    babi mank enak sieh, thu lah mkanan favorit org korea krna smua mknan korea khan mngndung bbi,, kata tamu2q d salon nusa dua bali, mreka gk cma doyan bbi aj tpi dging anjing jg btul thu ap yg d blng tmn kta yg pnh d korea,,, sup babi buatan org korea enk bgt, z pnah makan d buatin tamuq dri korea…:-)

Comment pages
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 56 other followers

%d bloggers like this: